mahasiswa-politeknik-internasional-bali-politeknik-pertama-tabanan

Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Pendidikan Vokasi!

Banyak sekali jenjang pendidikan yang harus kamu lalui, terutama di Indonesia. Dimulai dari Sekolah Dasar (SD), berlanjut Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Tidak hanya itu, jika kamu ingin mendapatkan gelar maka kamu akan lanjut ke pendidikan sarjana atau pendidikan vokasi. Tujuan dari rangkaian pendidikan yang kita jalani adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan layak. Namun untuk mendapatkan pekerjaan tersebut tidaklah mudah, kamu harus bersaing dengan berbagai macam orang bahkan teman kamu sendiri. Kamu harus menunjukan bahwa kamu memiliki keahlian khusus serta layak diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Dari sisi perusahaan, melihat banyaknya pelamar pekerjaan, mereka akan memilih, siapa yang telah memiliki pengamalam bekerja sebelumnya dan siap untuk bekerja. Jelas, disini lulusan pendidikan vokasi lebih unggul dimata perusahaan. Kenapa ?

Ini adalah fakta yang harus kamu tahu, yang pertama, pendidikan vokasi lebih menyiapkan kamu untuk bekerja. Karena para mahasiswanya lebih banyak melakukan praktik daripada mempelajari teori. Maka dari itu kemampuan bekerja lulusan vokasi lebih unggul, contohnya dalam hal memasak, perhotelan dan lainnya.

Kedua, masa studi yang lebih cepat, rata-rata masa studi yang dijalani adalah tiga (3) tahun untuk D3 dan empat (4) tahun untuk D4. Dengan perbedaan satu (1) tahun untuk D3, lulusan vokasi jauh lebih cepat dalam mendapat pekerjaan dikarenakan pengalaman yang ia miliki, ditambah lagi banyak perusahaan yang antusias dan mencari lulusan vokasi dibandingkan dengan sarjana.

Secara nyata kita bisa melihat di Bali, pada tahun 2016 sendiri jumlah kamar hotel mengalami penambahan sebanyak 49.549 kamar dan meningkat tiap tahunnya (Badan Pusat Statistik, 2016). Tidak hanya itu, keberadaan hotel pun meningkat tiap tahunnya. Khususnya di Bali, jumlah hotel mencapai 249 hotel. Melihat hal itu, Politeknik Internasional Bali membuka pendidikan vokasi yang dapat membesarkan tenaga kerja terlatih terutama dalam hal kuliner dan perhotelan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Yang terakhir, lulusan vokasi lebih flesibel. Lulusan dapat langsung bekerja atau melanjutkan studi atau kedua-duanya. Dengan waktu tempuh pendidikan yang sama yaitu empat (4) tahun, lulusan vokasi berhasil meraih gelar sarjana dan sudah siap bekerja. (Education Campus, 2017).

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Translate »