politeknik-internasional-bali-kampus perhotelan-ternama-di-bali

Alasan Mengapa Manajemen Acara Dibutuhkan

Manajemen acara mungkin sedikit asing di telinga beberapa orang, manajemen acara atau yang lebih dikenal dengan MICE adalah meeting, incentive, conference, dan exhibition. Jadi Manajemen acara adalah orang-orang yang berada di belakang layar yang memanage jalannya acara mulai dari lokasi, dekorasi, catering, sampai acara tersebut selesai dan berjalan dengan baik.

Industri pameran merupakan salah satu bagian penyangga dari MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition/event). Pemerintah menetapkan MICE masuk dalam lima teratas dalam mendatangkan wisatawan mancanegara, selain wisata belanja, kuliner, wisata kebudayaan & religi, wisata bahari, dan  olahraga. Bahkan, sektor ini ditargetkan mampu tumbuh hingga 10% pada 2019.

Menurut data ICCA (International Congress and Convention Association), Indonesia berada di posisi 42 dunia dan berada di posisi 12 untuk kawasan Asia Pasifik, meningkat 8 posisi di kawasan Asia Pasifik. Pergerakan industri pameran masih didorong oleh pengadaan pameran di kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Jabodetabek, Bandung, Jakarta, dan Bali.

Bali selain terkenal dengan pariwisatanya banyak juga yang menjadikan Bali tempat berlangsungnya meeting besar dengan banyak delegasi dari berbagai negara seperti Konferensi APEC, IMF, dan masih banyak lagi. Tidak hanya untuk meeting, manajemen acara juga bisa menjadi seorang wedding organizer dan hal ini membuat banyak perusahaan membutuhkan seorang lulusan manajemen acara, selain itu bidang pekerjaan di industri acara ini bisa membuat kamu banyak mendapatkan kesemparan jalan-jalan dan ketemu banyak orang baru lo! Jangan ragu lagi kalau mau pilih MICE, yuk!

Tags : Manajemen Acara, Manajer Acara, Ilmu Pelayanan, Ilmu Antar Budaya, Manajemen Acara Pernikahan, Manajemen Destinasi Wisata, Manajemen Layanan Katering, Manajemen Acara Biro Perjalanan dan Penghargaan, Manajemen Resiko dan Strategi

 

Sumber : PIB; Kalimantan.bisnis.com;

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Translate »