Press Release Tourismpreneurship Project PIB Competition Mahasiswa Politeknik Internasional Bali.

Press Release : Tourismpreneurship Project “PIB Competition” Mahasiswa Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan kampus berbasis pariwisata yang menyediakan 3 (tiga) program studi, diantaranya adalah: D3 Seni Kuliner, D4 Manajemen Hotel, dan D4 Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa. Dalam rangka memperkenalkan 3 program studi tersebut, mahasiswa angkatan kedua PIB mengadakan serangkaian acara lomba yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 di Kampus PIB.

Rangkaian acara yang diadakan merupakan bagian dari Tourismpreneurship Project, yaitu salah satu Kurikulum yang digunakan oleh Politeknik Internasional Bali untuk mendorong mahasiswa terjun dalam live-business dan mencari profit. Serangkaian lomba yang diadakan terbuka bagi siswa SMA/SMK se-Bali dan umum. Enam karya terbaik kemudian dinobatkan menjadi Pemenang Terbaik (I, II, III) dan Harapan (I, II, III). Para pemenang tersebut selanjutnya mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Lomba ini juga didukung oleh Indonesia Chef Association (ICA) Chapter Bali, Stand Up Comedy Community Bali, dan Asosiasi Fotografi Bali.

Tema besar yang diangkat bertajuk “Membangkitkan Semangat Pariwisata Bali” yang terbagi menjadi 3 cabang perlombaan dan diikuti oleh 65 orang peserta. Cabang lomba pertama yang diadakan adalah Stand Up Comedy bertemakan “Let’s Laugh Smartly” yang bertujuan untuk membentuk pola pikir yang lebih tajam dan luas serta memberikan hiburan yang bersifat positif. Juri dari lomba ini adalah Abdullah (Ketua Stand Up Indo Bali) dan Putu Oka Mahendrabrata (Dosen PIB).

Cabang lomba kedua adalah fruit carving bertemakan “Pesona Alam Bawah Laut” yang bertujuan untuk memajukan pariwisata Bali melalui pembentukan kaderisasi sejak dini serta menyalurkan minat dan bakat anak muda dalam dunia seni, khususnya di bidang fruit carving. Juri dari lomba ini adalah Chef Adiguna Tumpuan (Kaprodi D3 Seni Kuliner PIB), Chef Putu Camakila (Chef Hotel Camakila), dan Chef Hendra Mahena (Ketua ICA Chapter Bali).

Cabang lomba ketiga yang diadakan adalah Fotografi bertemakan “The Exotic of Bali” yang bertujuan untuk memperlihatkan sekaligus memperkenalkan pariwisata di Bali yang belum banyak mendapatkan publikasi melalui hasil karya berupa foto. Juri dari lomba ini adalah Dewandra Djelantik dan Kadek Puja Astawa, SE.

Penyelenggaraan serangkaian acara lomba sebagaimana disebutkan di atas diharapkan mampu menjadi ajang untuk berinteraksi dan bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya mengembangkan bakat dan potensi diri, khususnya dalam industri hospitality. Selain itu, acara ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus menumbuhkan motivasi di kalangan pelajar agar dapat menggali dan meningkatkan kreativitasnya.