Selamat datang di Politeknik Internasional Bali (PIB), kampus Tourim-prenuer pertama di Indonesia. Institusi ini secara resmi dibuka melalui Surat Keputusan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.187/KPT/I/2017.

Kampus PIB merupakan kampus pariwisata di Bali yang berdiri di lahan seluas 15 Hektar dan dikelilingi oleh berbagai industri pariwisata strategis. Industri pariwisata strategis yang dimaksud mencakup perhotelan, kuliner, dan perhelatan acara (event) yang memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia. Pertumbuhan industri ini juga mendorong munculnya kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki keterampilan, pengetahuan, karakter, dan kreativitas unggul.

Untuk menjawab kebutuhan industri sebagaimana tercantum di atas, PIB dibangun dengan Visi “Menjadi Perguruaan Tinggi Vokasi yang Berkualitas, Berkarakter, dan Terpercaya”. PIB merupakan kampus pariwisata terbaik di Bali yang menyediakan program studi unggulan untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap bersaing sebagai “leader” di era Industri 4.0 sekaligus memberikan akses terbaik ke industri. Program studi unggulan yang dimaksud antara lain: Seni Kuliner, Manajemen Perhotelan, dan Event Management.

Dalam perannya sebagai kampus pariwisata di Indonesia, institusi kami berfokus dalam mengembangkan bakat mahasiswa dengan dan mendorong mereka untuk bisa menjadi tenaga kerja profesional sekaligus wirausahawan yang membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Tujuan tersebut direalisasikan melalui implementasi Kurikulum Tourismprenuership, yaitu pembekalan kewirausahaan (entrepreneur) di bidang pariwisata (tourism). Mahasiswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan melalui proses pembelajaran berbasis pengalaman dengan komposisi praktik yang lebih banyak dibandingkan teori.

Kami berkomitmen memberikan pengalaman terbaik (student experience) dan layanan akademik unggul (academic excellence) untuk mahasiswa melalui fasilitas pendidikan berstandar internasional dan jaringan luas kami di industri pariwisata.

sejarah

Ide awal pengembangan wilayah Bali International Training and Development Centre (BITDeC) sebagai pusat pendidikan dan pelatihan dihasilkan dari rapat keluarga founder yayasan. Rapat tersebut merumuskan penggunaan lahan BITDeC sebagai pusat kawasan pendidikan dan pelatihan di Bali yang akan dijadikan warisan keluarga (family heritage).

Seiring dengan perkembangan bidang pariwisata di Bali, yayasan memutuskan untuk mendirikan lembaga pusat pendidikan dan pelatihan khusus dalam bidang pariwisata. Pada tahun 2013, pihak yayasan bertemu dengan pihak dari Dusit Thani Hospitality College yang merupakan salah satu kampus pariwisata yang berlokasi di Thailand untuk menjalin kerjasama. Setelah kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), maka diputuskan untuk mendirikan sekolah vokasi bernama Politeknik Internasional Bali (PIB).

Di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Sulistyawati, MS.,M.M.,M.Mis.,D.Th.,Ph.D.,D.Ag. sebagai Direktur, PIB menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan program studi Seni Kuliner, Perhotelan, dan Pengelolaan Perhotelan. Ini sejalan dengan visi pemerintah dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan menyiapkan tenaga kerja unggul dalam bidang pariwisata dan perhotelan.

Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi yang berkualitas, berkarakter, dan terpercaya.