Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Ketika lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), pertanyaan yang sering muncul adalah, “Mau lanjut dimana?”, “Pilih Universitas atau Politeknik?”, “Mau masuk jurusan apa?”, dan lain sebagainya. Pasti bingung kan kalau di tanya begitu? Akhirnya, banyak yang bingung mau melanjutkan pendidikan kemana. Nah, sebelum tambah bingung, di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara Universitas dengan Politeknik.

Universitas merupakan institusi pendidikan yang terdiri dari banyak fakultas dan bersifat umum, sedangkan Politeknik lebih mengkhusus dan terpusat. Dari segi pembelajaran, Universitas menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu dan lebih banyak mempelajari teori dibandingkan praktik lapangan. Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi di Indonesia yang dalam pembelajarannya lebih bersifat praktis. Politeknik secara umum menyelenggarakan pendidikan vokasi yang ditujukan untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja dengan berbagai keterampilan (skill).

Secara umum, perbandingan teori dan praktik dalam lingkup pendidikan di Politeknik sekitar 30% : 70%. Maka dari itu, lulusan Politeknik secara umum juga mampu mengaplikasikan langsung setiap ilmu terapan yang diterima selama menempuh masa studi. Ilmu terapan yang didapat kemudian juga ditunjang dengan penempatan kerja (program magang) untuk makin mengasah keterampilan di lingkup profesional. Untuk kalian yang punya cita-cita bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah, Politeknik adalah jawabannya.

Itu dia informasi seputar perbedaan antara Universitas dengan Politeknik. Semoga bisa membantu kalian yang lagi bingung mencari perguruan tinggi. Goodluck Tweeps!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Translate »