SENI KULINER

D3 SENI KULINER

Program Diploma 2.5 Tahun | A.Md.Par (Ahli Madya Pariwisata)

Diploma 3 Seni Kuliner merupakan program yang dirancang untuk individu yang mempunyai ketertarikan menjadi profesional maupun wirausahawan (entrepreneur) di bidang kuliner. Program ini dilengkapi dengan komposisi praktik yang lebih banyak serta didukung oleh laboratorium yang berstandar industri internasional.
Kelebihan dari program ini dapat dilihat melalui metode pembelajaran yang menggabungkan beberapa elemen seperti taste (rasa), art of cooking (seni dalam hidangan), dan science & nutrition (sains & nutrisi) untuk menghasilkan hidangan yang extraordinary. Program ini juga diperkaya dengan pembekalan khusus mengenai makanan tradisional, kuliner dan dekorasi khas Bali.
Visi yang diusung oleh Program Studi Diploma 3 Seni Kuliner adalah “Menjadi program studi vokasi yang berkualitas, berkarakter, dan terpercaya di bidang Seni Kuliner”. Visi tersebut akan diwujudkan dengan cara sebagai berikut:
  1. Melakukan pendidikan kewirausahaan di bidang pariwisata khususnya makanan dan minuman, untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja yang berkompetensi dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian-penelitian di bidang seni kuliner yang mendukung pengembangan ilmu kependidikan yang relevan dengan kebutuhan dunia industri kuliner.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan cara pembinaan dan pelatihan ilmu-ilmu yang berkaitan, seperti Tourismpreneurship, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kitchen Management, Perencanaan Menu.
  4. Menyediakan akses terbaik ke industri pariwisata, dengan melakukan hubungan kerjasama antar dunia usaha agar saling bersinergi, salah satunya melalui dukungan kesempatan magang, ataupun kesempatan mengikuti event skala nasional dan internasional.
Real World Experience: 2 Times Professional Placement yang terdiri dari: “Industry Introduction” selama 3 bulan di hotel bintang 3 atau industri terkait lainnya & “Internship” (penempatan industri/magang) selama 6 bulan di hotel bintang 5 atau industri terkait lainnya
MATA KULIAH
1. Balinese Decorative and Culinary
2. Nutrisi
3. Manajemen Restoran Dan Dapur
4. Manajemen Pengendalian Biaya
5. Praktek Traditional Food
6. Praktek Pastry and Bakery
7. Praktek Kuliner Asia
8. Praktek Kuliner Western
9. Perencanaan Menu
10. Pemahaman Lintas Budaya
11. Pengembangan Karakter
12. Kepemimpinan
13. Bahasa Perancis
FUTURE CAREER
1. Entrepreneur
2. Personal Chef
3. Restaurant Manager
4. Head Chef/Cook
5. Sous Chef
6. Pastry Chef
7. Executive Chef
8. Sommelier
INTERNSHIP
1. NEO Hotel Denpasar
2. Harris Hotel Sunset Road
3. Harris Hotel Seminyak
4. Maison Aurelia Sanur
5. Kelapa Resort Uluwatu
DOSEN